Sunday, February 19, 2012

I Hate Valentine's Day


Bismillaahirrohmaanirrohiim...

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh kalian benar-benar akan mengikuti jalan orang-orang sebelum kalian, sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta, sampai-sampai jika seandainya mereka memasuki lubang dhabb (sejenis biawak) niscaya kalian akan ikuti pula.” Kami (para sahabat) bertanya, “Wahai Rasulullah, (mereka itu) Yahudi dan Nasrani?” Rasulullah menjawab, “Siapa lagi?” (HR. Bukhari-Muslim)

**********************************************************************************

Belum lama berselang, tidak terhitung banyaknya anak Adam di dunia merayakan hari yang katanya adalah hari kasih sayang. Ya, Valentine’s Day. Saya benar-benar benci sama perayaan hari ini dan sama semua orang yang merayakannya dengan cara apapun, dan juga sama semua orang yang secara langsung maupun tidak langsung menyatakan dukungannya terhadap perayaan ini. Saya bukan orang anti sosial yang gak suka melihat orang berkasih sayang. Malahan saya sebenarnya seneng banget -banget banget- sama yang namanya coklat, bunga, boneka.. yang notabene banyak berkeliaran sepanjang masa-masa perayaan valentine itu. Saya seneng banget dapet ucapan/ surprise2 mesra dan penuh kasih sayang dari keluarga dan sahabat terdekat.

Saya jadi ingat, dulu pas kelas 2 atau 3 SMP gtu, jaman-jamannya saya maupun teman-teman saya masih banyak yang labil gitu. Waktu itu pas udah dekat-dekat menjelang valentine, temen-temen SMP saya mulai sibuk membicarakan itu. Padahal itu SMP, sekali lagi, SMP!! Saya yang udah sebel setengah mati sama perayaan valentine waktu itu akhirnya dengan penuh percaya diri membuat artikel tentang ‘sejarah kelabu’ valentine, sampai alasan kenapa hari valentine itu tidak sepatutnya dirayakan oleh umat Islam. Pas artikelnya udah jadi, saya dengan penuh percaya diri juga menempel artikel tersebut di depan kelas (di samping kiri papan tulis, tentunya setelah meminta izin sama wali kelas). Berbagai reaksi saya dapet dari temen-temen waktu itu. Beberapa ada yang mendukung, tapi sebagian besar justru gak suka dengan sikap saya dan artikel yang saya tempel. Padahal sekolah saya sekolah Islam dan semua siswi nya berkerudung.. Telinga saya beberapa kali tidak sengaja menangkap omongan gak enak dari temen-temen saya sendiri tentang artikel itu. Saya waktu itu –sampai sekarang- gak pernah mau mempermasalahkan omongan yang saya dengar waktu itu, sepahit apapun. Gak masalah, yang penting orang lain jadi tahu bahwa perayaan itu sama sekali bukan untuk kaum muslimin.

Kini, udah 11 tahun berlalu dari masa saya menempel artikel itu. Entah hanya perasaan saya saja atau memang seperti inilah keadaannya, bahwa justru sekarang masyarakat malah semakin terbuka untuk merayakan hari kasih sayang dengan berrrrrrrrrrbagai macam cara. Pas 14 februari 2012 kemarin saya melihat di TV ada liputan tentang anak-anak yatim memasak sate ayam untuk disuapkan ke ibu-ibu mereka. Ironisnya, kegiatan yang seharusnya bisa menjadi sangat mulia di mata Allah itu, malah ditujukan untuk merayakan hari valentine!!! Innalillaahi.. ya Allah.. sedih,, sedih,,, sedihhh....benar-benar perih melihatnya, bagai luka yang disiram H2O2 tanpa local anaesthesia.

Betapa aqidah umat Islam bangsa ini telah sedemikian bobroknya. Berita-berita di TV pun menayangkan liputan-liputan tentang perayaan valentine seolah hari itu adalah salah satu hari nasional yang patut diberitakan sampai ke seluruh pelosok negeri. Ya Allah, sungguh saya benci. benci. benci. Sejarah valentine itu sudah sangat gamblang ada dimana-mana, bahwa itu adalah hari untuk memperingati seorang pendeta, St.Valentine yang katanya meninggal dihukum gantung tanggal 14 Februari karena menikahkan banyak tentara muda. Tindakan ini berarti menentang perintah kaisar Romawi yang kala itu melarang tentara muda untuk menikah. Kisah ini telah bergema di seluruh penjuru dunia. Tidak ada alasan bagi umat Islam mana pun yang merayakan valentine bahwa tidak pernah mendengar atau membaca atau mengetahui kisah ini. Ini kisah heroiknya pendeta Nasrani, mba dan mas bro! Dan hari Valentine ini pertama kali dijadikan hari perayaan gereja! Ini adalah budayanya kaum Nasrani!! Kita umat Islam, telah jelas dipesankan oleh Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wasallam, “Barangsiapa bertasyabbuh (menyerupai) suatu kaum maka dia termasuk bagian dari kaum tersebut.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud dengan sanad shahih) Na’udzubillaah.. tsumma na’udzubillaah..

Ini bukan masalah toleransi antar umat beragama! Plis deh. Makan tu toleransi! Toleransi kita umat Islam dengan umat agama lain hanyalah pada masalah muamalah saja, kita harus menjaga silaturrahim tetap baik dengan umat agama lain. Tidak boleh mengganggu mereka selama mereka tidak mengganggu kita. Tetapi dalam hal aqidah, keyakinan, ibadah, kita harus tegas, lakum diinukum wa liyadiin.. bagimu agamamu, dan bagiku agamaku... (alKaafirun:6). Bahkan perayaan valentine ini adalah bentuk penghormatan kepada orang Nasrani. Ini sungguh-sungguh merupakan bentuk penodaan terhadap aqidah Islam.

**********************************************************************************

Sangat sangat aneh. Begitu banyak orang-orang yang mengaku ingin mencurahkan rasa cintanya kepada orang lain, siapa pun itu (ibu, bapak, pacar, teman, sahabat, guru, artis idola, dan lainnya), namun di saat yang bersamaan orang-orang itu justru tidak mencintai dirinya sendiri. Mereka rela menerobos aturan Allah dan RasulNya dengan merayakan hari Valentine, yang berarti mereka telah merelakan dirinya terbenam dalam ancaman siksaan Allah. Padahal Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah memberikan teladan dalam banyaaaaaaaaaaakkkkkk sekali riwayat tentang mengungkapkan kasih sayang, dua di antaranya saya kutipkan di akhir tulisan ini.. Teladan beliau ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan perayaan hari valentine. Mengungkapkan kasih sayang kepada sesama muslim (yang muhrim), sesama manusia, haruslah dilakukan sesegera mungkin ga boleh nunggu-nunggu valentine. Sudah sepantasnyalah hanya Allah dan RasulNya yang menjadi referensi dalam setiap nafas hidup kita.

~ Dari Anas ra, sesungguhnya seseorang duduk di hadapan Nabi saw, lalu ketika ada orang lain lewat di situ, ia berkata, “Wahai Rasulullaah, sungguh aku mencintai orang itu.” Beliau bertanya, “Apakah kamu sudah memberitahukan kepadanya?” Ia menjawab, “Belum.” Beliau bersabda, “Beritahukan kepadanya.” Kemudian ia menemui orang itu dan berkata, “Sesungguhnya aku mencintai kamu karena Allah.” Orang itu menjawab, “Semoga kamu dicintai oleh Tuhan yang telah membuat kamu mencintaiku karena-Nya.” (HR. Abu Daud dengan sanad yang shahih)

~ Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah saw menciumi Al Hasan bin Ali, di hadapan Al Aqra’ bin Habis At Tamimiy yang sedang duduk. Lalu Al Aqra’ berkata: Sesungguhnya aku memiliki sepuluh anak, dan aku belum pernah menciumi seorang pun. Lalu Rasulullah saw memandanginya dan bersabda: “Barang siapa yang tidak menyayangi maka tidak akan disayangi” (HR. Al Bukhari)

Alhamdulillaah... J

JogjaIstimewa, 19 Februari 2012
23.12 WIB

No comments: