Friday, April 13, 2012

MAN Insan Cendekia Serpong: satu tempat sejuta kenangan.. PART 3

IC di waktu subuh... ^^
'wajib' baca juga: :) :)
http://nadiagani.blogspot.com/2012/11/gajah-mati-meninggalkan-belang-manusia.html

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang...

Tadi malam. Ba'da maghrib. Sehabis menemani bapak rapat persiapan UN SMA di salah satu SMA Negeri di Tangerang Selatan. Saya berkenalan dengan ibu kepala sekolahnya.. Manis, enerjik, jilbaber..hehe. Di tengah-tengah obrolan kami, tercetuklah bahwa saya sekolah menengah atas di MAN Insan Cendekia Serpong. Si Ibu Kepsek jadi kaget..

"Oh! IC!", serunya.
"Iya bu...", balas saya agak-agak salting gitu dengan kekagetan si ibu.
Saya jadi agak-agak salting karena bingung kenapa kok ibunya berseru dan berekspresi seru banget begitu. 'Ada apa dengan IC?? Ada apa??' kata saya dalam hati --> Lebayy.
"Aduh mbaa! Saya tuh paling seneeeengggg banget kalo disuruh mengawas ujian di Insan Cendekia. Haduuhh... anak-anaknya itu... ditinggal sendiri aja, gak usah diawasi, udah aman deh. Gak ada lagi yang lirak lirik. Gak perlu pengawas kali yaa sebenernya. Pokoknya santai, enak banget deh kalo jaga ujian siswa-siswi IC."
Saya hanya bisa membalas dengan senyuman, sambil bersyukur di dalam hati.... :) :)
*************************************************************************************
Ya, memang. Seperti itulah kondisi persisnya yang saya rasakan selama 3 tahun mengenyam pendidikan di MAN Insan Cendekia Serpong dengan seabrek-abrek ujian. Sudah 6 tahun berlalu dari kelulusan kami. Namun, jejak-jejak pendidikan yang saya peroleh selama disana terus saja memberi warna dalam hidup saya. Banyak dari pengajaran yang saya peroleh di IC, justru baru saya sadari kebaikannya setelah beranjak darinya.. bahkan kini setelah bertahun-tahun lamanya. Ingin rasanya saya berkoar-koar sama seluruh orang tua yang ada di negeri ini: Selama ada pendidikan MADRASAH sebaik, dan semurah (bahkan sekarang IC gratisssss!!!!!!!) INSAN CENDEKIA SERPONG/ GORONTALO/ SUKABUMI, janganlah sekolahkan anak-anak Anda di sekolah umum/ swasta/ lainnya!! Cukuplah Madrasah ini menjadi wadah pembinaan iman dan akal bagi generasi Indonesia di kemudian hari sebelum memasuki gerbang perkuliahan, dan atau penghidupan..

Saya tidak mau menyinggung mengenai lulusan-lulusan IC. Bagaimana 'produk' IC setelah lulus dari sana.. hehe. yaa.. nothing's perfect. nobody's perfect. Saya dan semua teman-teman alumni IC pasti punya kekurangan. Banyak, malah. Tetapi, proses pendidikan yang dijalani selama di IC... baik imtaq dan iptek, sungguh. Teramat sayang untuk dilewatkan oleh semua remaja muslim seumur SMA di Indonesia. Lingkungan yang kondusif, bapak ibu guru dan pembina asrama, teman-teman seperjuangan, kehidupan sehari-hari yang sarat kenangan indah... semuanya bermakna... bersejarah.

So, bagi semua orang tua muslim di negeri ini: Persiapkan anak Anda agar bisa mengenyam pendidikan di MAN Insan Cendekia Serpong/ Gorontalo/ Sukabumi. Bukan Insan Cendekia lainnya!! -hati-hati, sekarang banyak IC bajakan-
Dan buat seluruh adek-adek SMP/ MTs/ sederajat: Jangan pikir dua kali! Ikutilah tes masuk IC!!! hehe.

Segala puji bagi Allah.. :)

Tangerang, homswithom 130412
7.42

63 comments:

Anonymous said...

Subhanallah..
Betapa beruntungnya yang bisa masuk IC :(

nadiagani said...

:) btul.. monggo kalo ada anak, adek, ponakan, spupu, siapapun seumur SMA.. ajakin masuk IC aja.. :D

sarah said...

Subhanallah, saya juga merasakan manfaat yang sama, salam kenal ya, saya dr angkatan maltavista :)

nadiagani said...

ka sarah..hehe. aku angkatan 'sansa'. naul, kak.. #klo masi inget.hehe

doniapa said...

insan cendekia fresh graduate hadir ! salam kenal kaka2... saya angkatan 15, gradiator

nadiagani said...

salam kenal juga dek doni.. ^^
wah.angkatan 15 yakss. ku sansa angkatan 9 dek. #jadi berasa tua. :p

Anonymous said...

insan cendekia sukabumi juga ada toh, kak?

nadiagani said...

@anonymous: dulu waktu ku masi di IC ada terbatas untuk putra aja. dan bukan MAN itu, tp SMA. Gatau skrg gimana statusnya. Klo yang resmi MAN IC cuma 2, Serpong en Gorontalo.

Anonymous said...

Assalamu'alaikum...
Mau tanya dong, syarat u masuk MAN IC apa saja yah?
Anak sy msh kls 5 sd, dan sy berkeinginan u memasukkannya kesana, Insya Allah.
Apa benar jika lulusan MtsN yg selama di MtsN rangking 10 besar di kelas, maka masuk k Man CI tdk di test lg, lngsng bs masuk tanpa test?
Benarkah info itu?

nadiagani said...

Wa'alaykumusslm wrwb.
Waah..snangnyaa..smoga Allah mudahkn jalanny. :-)
Setelh sy konfirmasi lg ke ibu guru di IC,yg bs dftar tu ranking 5 besar di mts.itupun kalo total jumlah siswa kelas 9 nya bnyak..dan tetep harus tes bu.. :-) jd skarang smangat dipersiapkan utk ranking 5 bsar nya dl..Hehe

Alifa Dzakiyah said...

Assalamu'alaikum..
Salam knal ya, Kak Nadia..
Mo nanya nih.. Skrg aku kls IX, rncananya juga mo ikutan tes masuk IC. Syaratnya apa aja ya Kak?
En, apa klo mo msuk IC hrus unggul di bidang ipa? Makasi kak :) Wassalam..

nadiagani said...

Wa'alaykumusslm warahmatullah. salam kenal dek alif..eh manggilnya apa yaa.hehe

syrtny klo yg dr thn sblmny klo ga slh:
1. Duduk di kelas IX MTs.
2. Berumur maks 17 thn
3. Menyerhkn surat rekomendasi dg ranking 5 besar di MTs.
4. Punya prestasi ikut lomba sains gtu..di luar kriteria nomer 3..

Aku blm tau utk thn ni syaratny msh sama or engga..utk lbh jelasny,cb hubungi MANIC langsung.. (021)7563578-80 ^^
Biasanya sktar januari smp maret udh mulai publikasi utk pnerimaan siswa baru (webny www.ic.sch.id). Nti mulai maret or april pendaftaran.. Srg2 buka web ny aja dek dr skrg. :)

Mm.masuk ic itu yg pasti kudu lulus tes.hehe.tes nya ada ipa,matematika,bhs.inggris,bhs.indonesia,bhs.arab,sm psikotes mgkn yaa..jd dpersiapkan ke-5 mata plajarn itu dek. En jgn lupa banyak berdoa ^^. Krna kmudhn itu dtg dr Allah..

nadiagani said...

Dek alifa,tambahan. ini web penerimaan siswa baru ic yg tahun lalu.

http://penerimaan.ic.sch.id

oiya.ada tes pend.agama islam ny juga.memg IPA-matematika bobot nilainy tinggi dek. tp bukan brarti nilai yg lain ga dipertimbangkan.. ^^ smangattt yaa.Fightiiing~

Alifa Dzakiyah said...

Trserah Kak mo mnggil apa, yg pnting ada unsur namaku lah, hehehe :D
Hmm.. Gitu ya Kak, Syukron banget Kak, buat infonya :))

Ninda Khoirunnisa said...
This comment has been removed by the author.
nadiagani said...

Wa'alaykumussalam wrwb ninda..
Tahun2 lalu,kuota utk SMP 20% dr total yg diterima.kalo ga salah yg diterima 120 org. Jd 20%ny kira2 24 kursi utk siswa/i dr SMP. Sisany utk MTs. Syaratny sptny sm aj dg yg dr mts. Kmampuan dasar nya yg ptg lulus tes sih.hehe. Oiya mngenai bahasa arab,itu tesny yg dasar2 kok. Ak wktu tes msuk ic jg ga ada basic bhs arab ny.jd les privat 1 pekan sama bapak.hehe. Hasilnya nilai bhs arabku wktu itu ga terlalu memuaskan,tp tnyata ckup utk bs diterima. :)

Anonymous said...

Assalamualaikum..

salam kenal mbak,
terimakasih atas tulisannya yang bagus..
perkenalkan, saya orang tua anak yang skrg masih duduk di kelas IX SMP Alazhar di Smg, saya pingin dia masuk atau minimal nyoba tes di IC, untuk syarat ranking dan yang lain2 insyaallah cukup ya..tapi memotivasi dia untuk "sekedar" ikut test, susahnya minta ampun, jika saja Nadia ada di sekitar Semarang, saya ingin bersilaturahmi dan konsultasi tentu saja dengan mengajak dia,

Wassalam
Cholid

nadiagani said...

Wa'alaykumussalam warahmatullah pak Cholid..

Saya skrg di jogja pak,tp kmgkinan sampai skitar awal maret aja disini,setelah itu pulg 'kampung' k jkt.
Hmm.temen2 seangkatan sy wktu itu jg ckup banyak yg masuk IC awalny sekedar karena nurut keinginan ortu:),bukan atas keinginan sndiri.Tp alhamdulillaah bisa tetep berjalan baik smp lulus..

InsyaAllah pilihan org tua ga pernah ga baik.dan skalipun terkadang ga sesuai dg keinginan kita,insyaAllah berkah kesediaan kita utk taat pada keinginan org tua ga akan disia2kan oleh Allah.. ^^

Anonymous said...

Ass. Wr.wb
Saya mau tanya nih ! Emangnya kalau mau masuk IC itu harus orang2 yang ranking 5 besar di mts nya ?
Jadi kalau orang yang biasa2 aja gk bisa daftar gitu?
Kalau di IC sekelas brapa orang yah ? Di satuin sama perempuan atau di pisah ?

nadiagani said...

Wa'alaykumussalam wrwb.
Iya,sprtinya syarat pndaftaranny bgtu..Tpi ttep harus ikut tes utk mnentukn diterima/ga-nya..
Kalo sy disana dl (2003-2006) 1 kelas 24org.laki-perempuan digabung dlm kelas.sekarang sptnya masih sama..

Anonymous said...

salam alaik.. sayang ya.. Di indonesia cuma ada 2 sekolah yg kaya gini. coba disetiap kota pasti generasI muslim kita Bisa lebih baik Dan akan lahir calon pemimpin2 yg berkualitas

nadiagani said...

'alaikumussalam warahmatullah..
Memg bgtu visi ke depannya.. :) MAN Insan Cendekia ingin hadir di setiap propinsi di indonesia..sampai saat ini memang baru 2 propinsi (Banten dan Gorontalo). Smoga dg doa yg baik dari temn2 smua,dan usaha dr semua pihak yg terlibat, pelan2 IC bisa meluaskan diri ke segenap penjuru tanah air. tujuannya utk membangun indonesia lebih baik lagi..menebarkan islam rahmatan lil'alamin.. ^^

Anonymous said...

Assalaamu'alaikum Wr. Wb.
Punya referensi pesantren di Jabodetabek yang alumninya banyak masuk ke MAN IC?

nadiagani said...

'alaykumussalam wrwb.
Wah maaf banget saya belum tau kalo itu..

Anonymous said...

Kalau teman seangkatan adek di MAN IC dulu ada yang berasal dari MTs di pesantren?
Anak saya tahun depan tamat SD, dia punya rencana ingin sekolah MTs di pesantren terus melanjutkan ke MAN IC.
Kami tinggal di Bandung.

nadiagani said...

Mm.Yg paling saya ingt ada brapa tmen seangkatan di IC dl yg dr PPMI assalam solo (mgkn skitar 8-9 org dr assalam saja). Pesantren lainnya mohon maaf saya lupa. Tp wktu angkatan saya, prbandibgan MTs-SMP (baik swasta islam maupun umum) masi cukup seimbang.malah lbh banyk SMP sprtinya..Krna blm ada persyaratan hrs dr MTs waktu itu..

Wah hebat sejak SD sudh ada gambaran MAN impian.saya dl baru mau masuk IC setelah kelas 2 SMP. Hehe. Smoga dikabulkan dan dirihdoi Allah segala cita-citanya.. :)

nadiagani said...

Oh kalo bandung yg saya ingat ada dari salman alfarisi.itu MTs atau SMP sy kurang tau..

Anonymous said...

Makasih ya infonya...juga doanya...
Btw masih di Yk? Jadi kangen Yk, kayak apa ya sekarang...
Sukses ya buat Nadia.

nadiagani said...

saya sudah di tangerg sejak semalam. jogja alhamdulillaah tetap istimewa :)
Oke.sukses juga buat adek.

Anonymous said...

Assalamu'alaikum kak...!
saya ingin bertanya tentang pendaftaran MAN IC..saya sedang duduk di bangku SMP Negeri kelas 2. Saya liat di salah satu persyaratannya ada yang melampirkan sertifikat lomba tingkat nasional, apa itu harus dilampirkan? dan tentang surat rekomendasi dari kepsek itu harus dilampirkan juga?
bagaimana tentang kakak waktu awal pendaftaran di MAN IC?
terima kasih kak...!

nadiagani said...

Wa alaykumussalam wrwb.
Dear anonym.hehe.mm terus terang syarat pendaftrn MAN IC skarang dg jaman saya dl (2003) cukup berbeda dek.jd sy ga bs membandingkan dg saat saya pendaftrn dl.
Tp stau saya utk yg saat ini 2-2ny diperlukan (surat rekomendasi kepsek maupun sertifikat lomba tgkt nasional). Masih ada wktu satu tahun lagi buat adek utk mengoptimalkan syarat2 itu kan? :) tetep smangattt ^^ smoga barokah segala ikhtiarnya.

Anonymous said...

kalau dsna sistem.a kayak ponpes tdk? klo menjelang UN blh tdk mengikuti bimbel d lembaga pendidikan? trs klo dsna blh tdk membawa barang elektronik?

nadiagani said...

Dear anonymous..
Maaf skian lama baru sy balas.Sy bs njawab sesuai dg kondisi saya saat sekolah disana (2003-2006).disana kurg lbh spt di ponpes,tetapi utk di kelas (gdung skolah) putra-putri dicampur satu kelas. Mgkn agak berbeda dg sbgian bsar ponpes yg dipisah putra-putri.utk asrama,stiap siswa siswi man ic harus mnginap di asrama (satu kamar max. 4 orang),ada asrama putra,asrama putri,dan asrama guru+pembina asrama. Utk pulang,bisa 2 mggu sekali (selang seling putra putri) itupun hanya dr jam 6 pagi sampai jam 5 sore hari yang sama sudah hrus kembali ke asrama,kcuali yg mau izin khusus (ada alur izinnya sendiri).plajaran sekolah sama spt skolah2 umum/swasta,tetapi dg kurikulum keagamaan lebih bsar dbanding skolah umum/swasta.ada aqidah akhlak,fiqh,sjarah islam,quran hadits,bhs arab,hafalan quran,kajian kitab,blajr pidato dlm bahasa arab,fiqh wanita (khusus wanita). dlm kseharian pun nilai2 islam diaplikasikan oleh para siswa siswi,spt solat tpat wktu berjamaah, puasa snin kamis,sholat dhuha,cara berpakaian,mnebarkan salam,pola interaksi putra putri,dsb.itu kira2 gambaran pendidikan di man insan cendekia..
Utk bimbel,saya rasa tdak perlu lagi karena ada program intensif disana utk persiapan ujian nasional maupun ujian masuk ptn.insyaAllah program pembelajaran disana sudh optimal utk akademis siswa/i.tdak perlu lagi menambah bimbel dr luar.
Kalo saya dulu,ga bolr bawa barang elektronik. Termasuk hp,laptop,dll.hehe. Kurang tau sekarang masi sama atau udh berbeda peraturannya..
Dmikian ya.smoga ada manfaatnya.

Anonymous said...

soal-soal tes2nya gimana ya mbak?
misal mapel MATnya gmna, IPANYA gmn?, dst?

nadiagani said...

dear anonymous..
maaf baru balas, soal-soalnya lumayan susah dek terus terang.. hehe. lebih susah daripaa soal UAN SMP. :p Tapi seingetku dulu dari panitia penerimaan siswa baru di IC ada penjualan soal-soal latihan untuk tesnya. semacam buku persiapan kumpulan soal UAN gitu.. tapi ini kumpulan soal tes masuk IC. dulu ada, lumayan untuk belajar-belajar.. coba aja ditanyakan ke panitia PSBnya, mungkin masih ada sampai sekarang.. :)

Anonymous said...

Terima kasih kakak.. :)) selalu sukses ya kak.. Do'akan saya tahun depan diterima ya.. Amin..

Anonymous said...

assalammualaikum,mau tanya kalo IC ini memang hanya ada MAN nya aja yah? Mau masukin sepupu ke Mts,nyari ponpes yg bagus.boleh minta rekomendasi?

Nadiagani said...

Wa'alaykumusslm anonymous..
Iya IC emg ada MAN aja.blm ada MTs/MInya. hm klo ponpes stingkat MTs yg bagus terus terang sy gak bgtu tau ya. klo yg sy bs yakin rekomendasi mgkn gontor sm PPMI assalam. Sprtny yg berprestasi jg masi ada banyak,kyk dar el qolam, la tansa, or lembah arafah.. Yg trakhir punya ny pak anwar sanusi. Cb aja tanya mbah google ttg ponpes2 itu. :) sambil pilih2 mana yg kira2 paling sesuai antara kebutuhan en keinginan.. Smoga barokah usahanya :)

mm kembar said...

Assalamualaikum syng. Salam kenal, sy mm kembar 3. Alhmdllh 2 anak sy diterima di IC Gorontalo thn ini. InsyaAllah ilmu yg didapat bisa berguna bg Agama, bangsa dan negara. AMIN YRA

Sri Kuncoro said...

Assalam`alayku...
Saya Guru MTs Negeri Model Babakan...
Saat ini meng-handle atau menjadi wali kelas 8 FDS Putra...
Saya ingin memberikan motifasi bagi siswa saya untuk mausk ke MAN IC...
Barang kali punya Tips untuk LULUS SELEKSI MAN Insan Cendekia...
Mohon dikirimkan ke Email saya: koentjoro83@gmail.com; sriekoentjoro83@gmail
Terima kasih...
Wassalamu`alaykum...

Sri Kuncoro said...

Assalam`alayku...
Saya Guru MTs Negeri Model Babakan...
Saat ini meng-handle atau menjadi wali kelas 8 FDS Putra...
Saya ingin memberikan motifasi bagi siswa saya untuk mausk ke MAN IC...
Barang kali punya Tips untuk LULUS SELEKSI MAN Insan Cendekia...
Mohon dikirimkan ke Email saya: koentjoro83@gmail.com; sriekoentjoro83@gmail
Terima kasih...
Wassalamu`alaykum...

Anonymous said...

Maaf mengganggu sjenak kak Nadia. Sy mw memasukkan ad' sy k MAN IC, bs mnta contoh soal bahasa arabnya gk kak ? Kalo mang gk ada tlong d terangin yg d ujiin tuh gambranny gmn dan apa aja yg d ujiin bahasa arabnya. Ini email sy kak pearsoncalm@yahoo.co.id.
Trmksih dan salam sukses

nadiagani said...

@sri kuncoro: mohon maap utk respon saya yg kayaknya udh telat banget.. :(
Tidak ada tips khusus untuk bs masuk MAN ICS. persiapan saya wktu itu hanya belajar dan berdoa.. :) belajar dr soal2 ujian tahun sebelumnya sangat membantu.. Kalau motivasi, menurut saya MAN ICS adalah pilihan sekolah menengah atas terbaik di indonesia sampai saat ini.. :) bukan karena saya alumni dr sana, tp memang karena pembentukan karakter kami (siswa didik) utk menjadi muslim/muslimah cerdas dan berakhlak berjalan sangat baik disana. Bekal karakter ini sangat penting saya rasa sebagai bekal menghadapi dunia perkuliahan dan pendidikan lanjutan seterusnya.. :)

Tasya Aulia I said...
This comment has been removed by the author.
Tasya Aulia I said...

Assalamualaikum ka
Aku kelas 3smp
Pas sma mama aku mau daftarin aku di IC
aku kurang bisa bahasa arab bisa masuk gk yh ka??
Trus aku boleh minta contoh" soal masuk tes IC terutama bahasa arab
kalo bisa tolong kirim ke email aku yh ka ini emailnya:
tasyaauliaiswahyudi@yahoo.com

azmi adha nurhaniefah said...

Assalamu'alaikum ka.
mau bertanya , kalau ingim sekolah di IC kira kira semua pembiayaaan di beratkan ke orang tua ? kira kira pembiayaan sekolah disana berat tidak kaa? terus kaa jika ingin beli soal soal masuk IC yang di jual oleh paniia psb nya dimana ka?
terima kasih banyak kaa. di tunggu balasannya kaa :)

Shafira Zahdanti said...

Assalamu'alaikum Mba Nadia,
Saya sekarang kelas IX SMP, Insya Allah tahun ini mau mendaftar di MAN IC. Kira-kira info pendaftaran tp 2015/2016 keluarnya kapan dan di blog mana ya? Soalnya saya bingung karena blog dengan alamat Insan Cendekia lebih dari satu. Terimakasih sebelumnya

Anonymous said...

boarding sekarang bayar ya 1,5 juta perbulan. kalau MAN insan cendekia ada jalur non reguler juga?

Anonymous said...

Assalamualaikum. Maaf, mau tanya. Tahun ini saya daftar MAN IC. Insha allah minggu depan berkesempatan ikut tes tulisnya. Apakah dengan belajar soal-soal intensif UN mencukupi untuk bisa mengerjakan soal tes? Kalau boleh tahu, bagaimana ya caranya beli buku persiapan masuk MAN IC, sedangkan saya di luar Tangerang? Saya boleh minta email kakak kah? Atau kalau berkenan, bisa jawab lewat annisaparadies@yahoo.com. Terimakasih.

nadiagani said...

@tasyaaulia: aku jg dulu ga bs bhs arab dek. Coba blajar or baca2 bhs arab dasar aja. Kayak menyusun kalimat en vocabularies nya.. Ga sulit kok tes bhs arab nya. Dasar2 aja. Kalo soal2 thn sblmnya dl sih aku beli di IC nya dek, sklian daftar ada yg jual2in soalny. Kalo skrg udh gatau kemana soal2 ku..
@azmi: skrg IC pembiayaannya ditanggung depag dek, beda dg dl aku cukup mahal bayarnya. Skrg gratis. :)
Soal2 tahun lalu nya dl aku beli di IC nya sklian daftar..
@shafira: alamat web ic yg asli ic.sch.id
Klo slain itu, aku ga bs jamin credible/ga nya.. :)
@anonymous: IC gratis skrg..
@anisaparadies: cukup kok, bljr drmna aja bisa. Jgn lupa berdoa yaa.. Krena doa bs mngubah takdir. Bukunya aku udh ga punya dek, udh kbuang kykny. Hehe. Goodluck ya!

dian said...

assalamualaikum kak. Duh banyak banget yang masuk ic. jadi minder :D. aku dari smp umum ka jadi takut sama soal bhs arabnya. benerbener bingungg. kaka dapet soal tahun lalu dari mana?kaaaaa yaampunnn ic bikin galau

nadiagani said...

@dian: wkwk. Santai wae.. PD aja. Bhs arab bukan 1 1 ny pnilaian kok. Klo ga PD sm bhs arab, bs dioptimalin di materi tes yg lain. Ok ;)

viny yuliana said...

Assalamu'alaikum kak, bisa tidak kaka memberikan satu contoh soal nya untuk gambaran kak. Saya daftar lewat web jadi saya tidak membeli soal. Mohon bantuann nya
Wassalamu'alaikum

Heri Mustofa said...

Kak Nadiagani
Mohon nomer HPnya ya....
kami perlu bantuan dari alumni IC untuk membimbing santri di mata pelajaran matematika dan fisika selama liburan Juni-Juli 2015 ini.

Kami ortu dari santri MAN IC Serpong kls. XII
Heri Mustofa
HP 08128156300

Anonymous said...

MasyaAllah keren sekali tetap update setelah post bbrp tahun hihihi...
Doakan saya akan menyusul kakak yaaa:)

Anonymous said...

Kak assalamualaikum. Insyaallah saya tahun ini mau masuk IC. apakah bisa saya mendaftar pribadi tanpa menggunakan surat rekomendasi dari sekolah? Mohon dibalas ya ka. Terimakasih:)

Anonymous said...

Kak assalamualaikum. Insyaallah saya tahun ini mau masuk IC. apakah bisa saya mendaftar pribadi tanpa menggunakan surat rekomendasi dari sekolah? Mohon dibalas ya ka. Terimakasih:)

Zafirah Marahaeni said...

Assalamu'alaikum Kak .. Subhanallah saat mebaca semua komentar diposting ini aku jadi tambah semangaaat buat masuk MAN IC tahun ini.. Do'a kan yaa Kak semoga Allah memudahkan atas segalanya.. Sekarang saya lagi sering2 nya buka postingan tentang IC takut ketinggalan pendaftaran nya .. Makasih ka atas info nya bermanfaat sekali 😀😊

Zafirah Marahaeni said...

Assalamu'alaikum Kak .. Subhanallah saat mebaca semua komentar diposting ini aku jadi tambah semangaaat buat masuk MAN IC tahun ini.. Do'a kan yaa Kak semoga Allah memudahkan atas segalanya.. Sekarang saya lagi sering2 nya buka postingan tentang IC takut ketinggalan pendaftaran nya .. Makasih ka atas info nya bermanfaat sekali 😀😊

Unknown said...

Rangking 5 besar se-mts apa di kelas?

Igyama said...

Assalamualaikum wrwb, de nadia, anak saya dan saya pengen sekali diterima di man insan cendekia, supaya lulus apakah anak saya hrs belajar soal2 olimpiade smp baik tingkat kab/kota/nasional atau ada saran de nadia termasuk buku2 yg hrs dibeli/dipelajari biar anak saya bisa lulus ke man insan cendekia, termasuk buku bhs arab? Terima kasih, semoga de nadia sukses terus dan selalu dlm rido dan lindungan Alloh SWT, Aamiin

Igyama said...

Tolong sarannya diemail priatna326@gmail.com , terima kasih

Anonymous said...

Assalamualaikum wr.wb
Sya mau tanya?
Apakah dari penerimaan siswa baru dijual contoh soal soal tes untuk masuk Man IC?
Kalo ada kantor penerimaan siswa barunya ada di sebelah mana ya??