Tuesday, January 10, 2012

Jaket Kebesaran dan HP Kepanasan



62. Allah melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia (pula) yang menyempitkan baginya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu ~Quran Surah Al-Ankabuut (29)

Kejadian sarat hikmah ini saya alami sekitar bulan Mei 2011 yang lalu, di daerah Prambanan. Siang itu, salah satu teman saya sedang pengeeeeeeeeennnnn banget makan bakso enak. Kami ber-4, boncengan naik 2 motor. Saya dan teman saya yang pengen bakso itu dibonceng, jadi sisanya yang 2 yang ngebonceng (ya eyalah!). Kami ber-4 ga ada yang lahir atau besar atau tinggal atau berencana di masa depan untuk tinggal di Prambanan, kalopun ke Prambanan sesekali buat tamasya aja (sssaahhhhh.. tamasya. kayak pernah denger) ke.. candi Prambanan. Bukan ke warung bakso. Jadi.. kami ga tahu menahu tempat makan bakso yang enak di daerah Prambanan. Tapi, atas alasan kemanusiaan dan kesetiakawanan, kami bersedia memenuhi hasrat teman kami untuk makan bakso enak. Kami pun berkendara santai sambil tingak-tinguk kanan-kiri kalo-kalo ada warung bakso rame... (ramainya sebuah warung makan biasanya menjadi metode screening tercepat dan cukup akurat untuk menyimpulkan maknyussnya cita rasa masakan yang disajikan.. bukan begituu..? begitu bukann..? :p)

Cuaca cukup panas siang itu sebenarnya, tetapi tidak mengurungkan kebiasaan saya mengenakan jaket kesayangan saya yang sebenarnya agak kebesaran.. cerita sedikit tentang jaket kesayangan saya ini...(yah, ga dikit2 banget sih)
Saya udah kepincut sama jaket ini begitu pertama kali saya melihatnya. Love at the first sight, org 'sono' bilang. Saya suka aja. ga ada alasan yg jelas. Yah, begitulah memang cinta.. seringkali meninggalkan ketidakjelasan, bahkan bagi si pencinta itu sendiri..(eaa..) Trus ya udah deh, karena saya udah demen banget, saya ambil dan bawa ke kamar pas.. saya pake..
'mm.kegedean yaa..tapi....bagus.' (plus senyum2)
mikir bentar.. 'beli ga yaa..?rada mahal..kegedean..tapi..... bagus.' (masih plus senyum)
mikir lagi..tiba2 ngeh.. 'eh iya!kan ada ukuran yg lain!ehehee.. tinggal cari ukuran yg kecilan dikit..' (senyum makin mengembang)
sambil berjalan ke arah gantungan jaket2 tadi.. gantung jaket yg tadi dicoba, cari di belakangnya, belakangnya lagi, belakangnya lagi, lagi, lagi, lagii...
'yaaahhh...kok...??' ternyata eh ternyata jaket yg dicoba tadi itu ukuran terkecil yg masih available.. :(
(mulai bingung..gamang..) 'beli.engga.beli.engga.engga.beli.engga.beli..beli!' ya udah deh.. singkat cerita saya beli juga walau kebesaran.. :))
dan rupanya... setelah sekitar 1 tahun setelah saya bawa pulang dari gantungan di toko itu, jaket kesayangan saya ini ikut memberi warna dalam cerita hikmah ini..

Kembali ke scene awal.. setelah beberapa waktu berkendara santai sambil tingak-tinguk, alhamdulillaah.. tertujulah mata kami pada sebuah warung bakso yang cukup besar dan rame, tapi adanya di seberang jalan, yang artinya..kudu balik arah, dan balik arahnya rada jauh gitu.. tapi untuk teman kami tersayang, okelah..balik arahhh... pas udah on track, kami kembali berkendara santai sambil tinguk kiri jalan, takut kelewatan warung baksonya.. eeeeeehhhh.. ternyata bener. Bener2 kelewatan maksudnya.. tapi ga jauh sih, 10-15 meteran paling. Dengan alasan efisiensi, akhirnya saya dan temen saya yang dibonceng, sekalian turun aja disitu dan kami jalan kaki ke warung baksonya.. 2 orang yang bawa motor cari tempat parkiran yg enak..

Oke. Masuklah kami ke warung bakso. Jaket kesayangan saya, saya lepas. Saya rogoh kantong kanannya. Mau ambil hape..
'eh.mm..' salah, kantong kiri ding
'eh??mm..' (rada bingung, loading..)
akhirnya 2 kantong jaket kanan-kiri saya remet-remet.. 'loh?kok ga ada..?tadi ku masukin kantong deh pas mau naik motor..'
(mikir..oh.mungkin di tas ya..) buka tas, rogoh-rogoh..ga ada.. rogoh-rogoh lagi..ga ada..
akhirnya bilang ke temen2.. (dalem hati mulai sediihh, tapi tengsin kalo ketauan sedih) "Hapeku kok ga ada yaa..?" lalu terjadi dialog berikut...
Temen 1: Kamu taroh mana neng?
Saya: Di kantong jaket tadi pas mau naik motor. Sekarang ga ada..
Temen 1: Coba cek di tas neng. Mungkin kamu lupa..
Saya: Udah kucek 2 kali, ga ada..

Tiba-tiba...
Temen 2: Jatoh kah naul..?
=====JEGERRR!!!!!=====
akhirnya ada yang menyatakan dengan gamblang binti blak-blakan adanya kemungkinan itu.. yang dari awal tadi sebenernya sudah saya pikirkan, tapi tidak berani saya utarakan karena takut...takut kalo bener.
(mulai sedih dalm hati... ya Allah, Engkau Maha Tahu manfaat hp itu untukku.. Engkau Maha Tahu hp itu tidak pernah aku gunakan dalam kemaksiyatan kepadaMu.. ya Allah..kasihan bapak-ibu kalo harus beliin hp baru, sedangkan aku belum punya uang beli hp sendiri..)
Saya (akhirnya..dalem hati sedihhh): Kalo jatoh, jatoh dimana yaa..?
akhirnya saya beranikan juga tanya itu.
Temen 1: Jangan-jangan di tempat tadi kamu turun dari motor neng..
Saya (dalem hati udah sediiiihhhhh bangetttttt): Apa iya ya..? Tapi rasanya ga deh. Aku ga ngerasa tadi ada yang jatuh..
Temen 2: Jaketmu kan kebesaran.. mungkin aja ga terasa..
(sempet mikir sebentar..) akhirnya saya pun langsung jalan ke tempat saya turun dari motor tadi.. dengan perasaan udah ga karuan.. 'gimana cara kasih tau bapak-ibu kalo hapenya ilang..gimana bisa hubungin bapak ibu kalo hapenya ilang..'

Dan.. yah, bisa ditebak sepertinya.. walaupun asli, pas di kondisi nyata, saya ga nyangka banget endingnya bisa seperti ini ...cerita ini berakhir bahagia saudara.. HP saya tergeletak di pinggir jalan besar di daerah Prambanan. Saya pungut, ouchh panassss... (mungkin efek sempet kejemur 10-15 menitan) di tengah panasnya mentari Prambanan siang itu.. saya pencet-pencet tuts nya.. masih oke... ya Allah...Alhamdulillaah.. hape saya baik2 saja, hanya sedikit kepanasan..

'Segala puji bagi Allah.. Sesungguhnya Engkau yang melapangkan rizki bagi siapa yang Engkau kehendaki, dan Engkau pula yang menyempitkannya..'

Hmmmmhhhhhh.... :)))

Hikmahnya sangat tersurat dalam ayat yang saya kutipkan di awal tulisan ini. Itulah kuasa Allah. Dalam sekejap. Sekejap saja, Allah kuasa mengambil semua yang Ia miliki setiap saat, dan Allah kuasa pula memberi apapun kepada hambaNya setiap saat.. sedangkan kita, manusia.. Tidak ada yang kita miliki, tidak ada yang kita kuasai. Semua adalah milikNya..

Hikmah yang kedua.. bila kita merasa sempit, berdoalah kepada Allah.. dan diperbolehkan berdoa dengan washilah, seperti yang dikisahkan dalam sebuah hadits, dimana ada 3 orang pemuda yang berdoa untuk menggeser batu yang menutupi gua tempat mereka berteduh dengan 3 macam washilah berupa amal sholeh (birrul waalidayn), menjaga amanah (uang yang dititipkan padanya), dan meninggalkan kemaksiyatan karena takut pada azab Allah.. InsyAllah, dengan doa itu, Allah lapangkan kesempitan kita dari arah yang tidak kita sangka-sangka..

ya Allah.... tambahkanlah selalu kecintaanku pada-Mu dan pada apa-apa yang mendatangkan cintaMu padaku.. :)))

No comments: