Friday, January 13, 2012

Pucuk Dicinta Ulam Tiba (Aww!)

Dengan nama Allah..

Sejak pertengahan sampai menjelang akhir 2011 saya sempat beberapa kali terkenang masa-masa SD. Terbayang aktivitas belajar-mengajar di sekolah waktu itu lengkap dengan wajah bapak ibu guru. Saya kangen.. Ingin rasanya bertemu mereka lagi. Sudah 11 tahun berlalu, apa beliau-beliau masih ngajar disana yaa..? Tapi dengan aktivitas per-coass-an dan akhirnya UKDI (Ujian Kompetensi Dokter Indonesia), kerinduan itu jadi agak "terobati'.

Mendekati akhir tahun 2011, saya dihubungi beberapa teman SMP untuk reunian. Saya excited banget, sudah lama soalnya tidak ketemu sejawat SMP (emang dokter aja yang boleh sejawat-an, anak SMP juga boleh dong ;p). Setelah menyesuaikan jadwal dengan teman-teman, akhirnya kami putuskan ketemu di kantin sekolah hari Sabtu, 17 Desember 2011 sore. Sengaja kami pilih kumpul di sekolah, niatnya mau sekalian silaturrahim sama guru-guru SMP. Sekolah saya SD sama SMP tuh sebenernya satu sekolah, tapi beda gedung. Batesnya masjid. SD saya di sebelah utara masjid, SMPnya di sebelah selatan masjid. Gedungnya beda, kantinnya beda, parkirannya pun beda. Masjidnya aja yang sama. Dulu sih begitu.

Ketika masih SMP dulu, kalo janjian, alhamdulillaah.. (sekarang aja saya bisa mensyukurinya, hehe.kalo dulu sih masih sering ngedumel dalam hati) saya yang paling tepat waktu dateng dibanding teman-teman yang lain. Dulu saya inget sampai pernah nunggu teman-teman 1 jam lebih di bawah pohon di halaman masjid sekolah. Tragisnya, waktu SMP saya belum punya HP. Jadi, nungguin yaa bener-bener nunggu... krikk..krikk.. sendirian gtu. Hubungin temen-temen ga bisa, mau pulang dulu juga ga efektif karena jarak sekolah-rumah saya naik angkot sekitar 40 menit. Jadi, yaa tsiqoh aja, yakin kalo temen-temen pasti akan datang, tidak mungkin mengkhianati janjinya pada saya (apa seh?). Alhamdulillaah, ketepatan waktu saya di sore itu berbuah manis. Saya sampai di lokasi beberapa menit terlambat dan belum terlihat ada tanda-tanda teman SMP saya yang lain. Alhamdulillaah, kali ini saya sudah punya HP jadi bisa hubungi teman-teman, kasi info kalo saya udah berada di lokasi. Saya lalu ambil posisi duduk di sudut paling luar kantin, berhadapan langsung dengan lapangan upacara dan jalanan penghubung masjid-gedung sekolah. Dalam hati, saya membanding-bandingkan tampilan sekolah saya dulu dan sekarang, "Agak beda ya SMP nya sekarang, bangunannya lebih banyak..."

..............!!!!!!!!

Tiba-tiba, saya terpaku melihat sosok di depan saya. Walau melihatnya dari samping, tapi cukup jelas untuk bisa menggali memori yang telah 11 tahun tersimpan. Searching.... 1 detik.... 2 detik.... 1 file found!Alhamdulillaah... "Pak Dayat??" suara saya jadi lebih melengking karena kaget campur seneng. Sosok di hadapan saya menoleh. Ekspresi beliau agak kaget juga, sepertinya lebih karena suara saya yang jadi bernada aneh itu. hehe. Pak Dayat, guru seni drama saya pas SD. ya Allah.. saya mau mendekat menghampiri beliau, tp beliau keburu berjalan menghampiri saya. Saya urung beranjak, dengan ekspresi sumringah masih menempel di wajah saya. Beliau pun duduk mengambil tempat di samping kanan saya.

Saya : "Kok Bapak disini? Lagi ada perlu, Pak?"

Pak Dayat : "Enggak.. sekarang kan SDnya pindah kesini."

Saya : "Oh." (rada kaget) "Emang kenapa yang disana Pak?" (sambil nunjuk ke utara masjid, lokasi SD yang dulu)

Pak Dayat : "Disana dijadiin perguruan tinggi sekarang."

Saya :"Oh gtu." (kaget beneran).....

lalu berlanjutlah dialog kami seputar aktivitas saya sekarang, aktivitas beliau sekarang (beliau masih setia mengajar seni drama). Di tengah-tengah suasana hati yang masih sumringah, saya kembali terkejut. Searching...... 1 file found! Alhamdulillaah... "Itu Pak Zein??" antara kaget, heran, dan senang, pertanyaan itu saya ajukan ke Pak Dayat sambil menunjuk sesosok bapak yang berdiri sekitar 5 meter dari tempat kami duduk. "Iya....... Pak Zein! Sini, ini ada murid kita!" ya Allah...ya Allah... ya Allah... alhamdulillaah... Pak Zein Akbar, guru hadits saya di kelas 4-5 SD. Sambil melihat sosok beliau yang berjalan menghampiri kami, terbayang di pelupuk mata ketika saya dengan 40an teman sekelas sibuk komat kamit cepet-cepet hapalin hadits di dalam kelas agar bisa langsung setoran hari itu juga dan selamat dari cubitannya Pak Zein. ya Allah.. alhamdulillaah.. Engkau masih berikan umur pada beliau untuk mendidik anak-anak muslim menghafal hadits Rasul-Mu.. berkahilah hidup beliau ya Allah.. berkahilah... Pak Zein lalu duduk di samping kanan Pak Dayat. Baru sejenak obrolan berlanjut, lalu.. "Pak Drajat! Sini!" Pak Zein memanggil seorang bapak lagi untuk bergabung. Pucuk dicinta ulam tiba, batin saya.

Pak Zein : "Inget Pak Drajat?"

Saya : "Mmm.. inget wajahnya, Pak. Tapi belum sempet diajar.."

Pak Zein : "Kamu lulus tahun berapa memang?"

Saya : "2000."

Pak Drajat : "Ohh,iyaaa... Tahun 2000 saya baru masuk..."

Tidak lama Pak Dayat permisi karena ada keperluan, dan obrolan saya dengan Pak Zein dan Pak Drajat berlanjut. Pak Zein ternyata lulusan UII Jogjakarta, tahun1985-1990. Setelah itu beliau melanjutkan studi di Bandung sebelum akhirnya mengajar mata pelajaran hadits di SD Islamic Village Karawaci Tangerang sampai sekarang. Saya juga jadi tahu ternyata putri beliau bersekolah di salah satu pesantren di Banyumas, tepatnya pesantren di sebelah RSUD Banyumas. Saya tidak ingat namanya apa, tapi beberapa kali selama coass saya ditugaskan di RSUD Banyumas. Pak Drajat asli Bandung, sampai kuliah tinggal di Bandung. Baru ketika mau mengajar di Islamic, beliau hijrah dari Bandung.. Sambil mendengar kisah beliau berdua, hati saya tergelitik. ya Allah... bapak-bapak ini, benar-benar tidak berubah ya. Nge-plek sama ama gambaran beliau-beliau di memori otak saya 11 tahun yang lalu. Gesturenya, gaya bicaranya, style pakaiannya, ukuran badannya (ga makin kurus atau makin gemuk), bahkan potongan rambutnya.. per..sisss. kalaupun ada perbedaan, tipissss banget. ga signifikan. ya Allah... :'))

Pertemuan singkat kami terhenti saat terdengar panggilan Allah dari masjid untuk sholat ashar. Pak Zein mengajak saya sholat berjama'ah.

"Silakan, Pak duluan. Saya lagi engga.."

"Oke. Bapak duluan ya."

Dan bapak-bapak guru saya pun beranjak meninggalkan kantin. Kedua mata saya basah seiring beranjaknya dua sosok bapak guruku itu. Sungguh, sebuah nikmat tak terlukiskan yang saya rasakan di sore yang berawan itu. Alhamdulillaah.. alhamdulillaahh.. ya Allah.. Allah maha tahu apa yang ada di dalam hati, pun mengetahui rasa rindu di dalam hatiku terhadap mereka yang tidak mampu aku penuhi. ya Allah.. bila pertemuan di dunia ini saja sudah begitu indahnya aku rasakan, apalagi jika Allah perkenankan pertemuan yang abadi di surga-Nya kelak..? ya Allah.. akankah..? ya Allah... Allah telah mengatur pertemuan kami sore itu. Persis, karena tidak lama berselang dari beranjaknya bapak-bapak guruku, teman-teman SMP saya datang satu per satu. Niat kami untuk bersilaturrahim dengan guru-guru SMP pun urung terwujud karena mereka sudah pulang sejak siang hari. Manusia bisa berencana. Namun, Allah-lah hakim tunggal setiap peristiwa, pertemuan, dan perpisahan..

Segala puji bagi Allah.. :)


No comments: