Wednesday, June 25, 2008

Bapak dan Cinta...


Dua malem lalu, pas Senin malem tepatnya. Aku ditelepon ibuku (Ibuku emang tiap malem telepon aku sih..). Malem tu aku lagi belajar anatomi, buat ujian hari Selasa-nya. En seperti biasa kalo aku mau ujian, aku bilang sama ibuku, "Bu, doain nadia ya. Besok ujian." En berlangsunglah percakapan seperti di bawah:
Ibu : ujian apa, nak?
Aku : anatomi
Ibu : anatomi??? bukannya dulu udah ujian?? (dari nada suaranya, kayaknya ibuku mikir, apa nadia kena remediasi ya...??)
aku : yaaa.. dulu kan tentang tulang, otot, sama pencernaan bu.. sekarang tentang jantung sama paru.
ibu : ooo.. begitu. eh, nadia lagi belajar jantung sekarang?
aku : iya
ibu : mm.. nak, ntar kalo nadia pulang (liburan, maksudnya), nadia bilangin bapak tu. bapak jangan banyak makan. bapak kan udah disuruh diet nak, sama dokter. tapi yang ibu liat bapak malah makin gendut.. ibu udah bilangin jangan kebanyakan makan. tapi bapak gak mau denger. kalo nadia yang bilangin pasti bapak mau nurut. bapak kan gitu. nurutnya sama nadia.
aku : oh, iya bu...

percakapan berlanjut tentang hal lain. gak lama, selesai.
Setelah ibu telepon itu, aku mikir. Sambil sedih juga, agak sakit juga ni dada. Bapak.. nurutnya sama nadia. Iya, ibu emang bener. Aku juga sadar sepenuhnya tentang ini. Bukan berarti bapakku gak mau denger omongan ibuku or orang lain, sih. Tapi, kalo aku yang ngomong, insyAllah beliau bakal nurut.. jadi inget juga pas 3 tahun lalu aku ke medan bareng bapak (ibu gak ikut), pas adek tunggalnya bapak meninggal. waktu itu bapak udah didiagnosis jantung, tapi belum operasi. tau sendiri kan gimana makanan di medan.. kolesterol tinggi semua.. apalagi keluargaku emang pada pinter masak gitu.. \+.+/

Pas bapak lagi makan gitu, aku liat udah agak berlebihan. sodara2 bapak ngingetin (karena mereka dapet pesen dari ibuku). bapakku gak nggubris.. tetep aja coel2 makanannya. Akhirnya aku turun tangan.. dulu aku bilang, "Bapak, udah. Ntar bapak sakit, lagi..." en abis itu, bapak gak lagi nyentuh makanan itu.. Masya Allah.. Allah.. Betapa besar cinta yang telah engkau hadirkan di hati bapakku untukku.. Orang bilang, kalo kita jatuh cinta sama seseorang, kita bakal ngelakuin apa yang disuruh sama yang kita cintai. Apa pun. Iya kan...??

Bapak.. buatku adalah tempat belajar cinta. Dari beliau aku bisa menerima cinta antar manusia yang sesungguhnya. Cinta yang bukan karena harta benda, tujuan, ideologi, keuntungan, dunia, dan hal2 'murah' lainnya. Namun, cinta karena cinta. Sulit diungkapkan, namun sangat mudah kurasakan. Bapak, sosok manusia pertama yang mengenalkanku pada cinta sejati. Cinta sejati bagiku adalah cinta bapak untukku, ibuku, dan kakak2ku.. Cinta yang tak pernah mengharap balas. Cinta yang hanya selalu ingin memberi dan memberi yang terbaik.. Cinta yang selalu ingin melindungi.. Cinta yang selalu ingin membahagiakan yang dicintai.

Allah.. kembali kutemukan satu lagi jawaban tentang keputusan-Mu menjadikanku bagian dari keluarga ini. Keluarga yang kuharap dengan penuh kerendahan hati di hadapan-Mu, akan kembali menjadi keluargaku di surga-Mu kelak, rabbii.. Kumohon sebuah pinta pada-Mu.. Bahagiakanlah bapakku dengan kebahagiaan yang lebih besar dari yang telah beliau berikan padaku selama ini, di dunia.. maupun di akhirat kelak. Allaahummaa amiin..

No comments: