Wednesday, March 21, 2012

Rasulullah Is My Doctor


Judul : Rasulullah Is My Doctor
Penulis : Jerry D. Gray
Bahasa : Indonesia, 286 halaman

Bismillaahirrahmaanirrahiim..

"Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya." ~HR. Bukhari

Malu, adalah perasaan yang mendominasi benak saya selama membaca halaman demi halaman buku ini. Malu betapa saya masih sedikit mengamalkan apa-apa yang dipaparkan dalam buku ini. Bahwa saya masih jauh dari meneladani hidup sehat ala Rasulullah. Buku ini, saya rasa, 'wajib' dibaca oleh setiap tenaga kesehatan (terutama dokter) muslim untuk membuka wawasan kita tentang metode kedokteran Islam.

Islam adalah agama yang telah sempurna ajarannya bagi seluruh umat manusia hingga akhir zaman. Seluruh aspek kehidupan telah diatur dengan sempurna oleh Islam, termasuk kesehatan. Tidak mendetil memang, tetapi ilmu/ metode dasarnya sudah established sejak 1400an tahun yang lalu. Keseluruhan isi quran dan hadits tidak butuh di-update, semuanya berlaku hingga akhir zaman. Buku ini memaparkan bagaimana metode-metode/ prinsip-prinsip dasar kedokteran ala Nabi dapat dipraktekkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Pak Jerry sang penulis membagi buku ini dalam tiga bagian. Bagian pertama mengenai Kedokteran Nabi, penulis mengajak para pembaca untuk pertama-tama meluruskan iman dan niat dalam melakukan metode pengobatan Nabi ini. Keyakinan bahwa Allah adalah penyembuh segala penyakit harus dimiliki oleh setiap muslim, bahkan setiap manusia, dan doa adalah kunci pembuka setiap permasalahan manusia (termasuk sakit). Selanjutnya penulis memaparkan detail tentang habatussauda (biji jintan hitam) dan bekam sebagai contoh pengobatan Nabi.

"Jangan lupa bahwa apa yang terjadi atau tidak terjadi di bumi atau akhirat tidak dapat terjadi tanpa kehendak dan pengetahuan Allah SWT. Ini adalah hal yang sangat penting yang tidak boleh Anda lupa." ~Jerry D. Gray

"Jika Anda benar-benar ingin mengikuti contoh Nabi kita tercinta Muhammad saw. maka berdoa adalah suatu keharusan sebelum melakukan pekerjaan apapun yang akan kita lakukan dalam hidup ini. Kita semua terus mendekati hari penghakiman. Segala sesuatu yang kita lakukan di dunia ini akan menentukan nasib kita pada hari itu. Doa adalah penting dalam setiap aspek kehidupan kita. Berdoa untuk orang sakit InsyaAllah menghasilkan pahala di dunia ini dan hadiah lain menanti Anda di akhirat nanti..."
Di bagian kedua penulis menulis tentang Ramuan Alami, terutama untuk kesehatan mata dan ramuan alami lainnya yang banyak dapat ditemukan di sekitar kita. Dalam setiap bagian buku ini penulis banyak mengupas manfaat madu yang telah dicontohkan oleh Rasulullaah Saw. sejak dahulu. Pada bagian terakhir buku ini, penulis memaparkan sedikit banyak tentang konspirasi yang dilancarkan oleh Amerika Serikat dan organisasi kesehatan dunia dalam bidang kesehatan. Juga ada sedikit pro kontra tentang ilmu kedokteran modern, terutama mengenai vaksin. Namun, saya rasa tidak perlu pro kontra ini diperdebatkan disini pada saat ini. hehe. Karena hanya akan berujung pada ketidakberujungan. (apaseh. :p)

"Teroris sebenarnya di dunia ini adalah Pemerintah Amerika Serikat, sedangkan pihak lain di bumi ini yang mereka beri label sebagai teroris sebenarnya adalah pejuang kebebasan, mempertahankan hak-hak mereka untuk tetap ada sebagai warga yang bebas di bumi ini tanpa harus mengikuti ideologi barbar yang gila dari Amerika." ~Jerry D. Gray

*************************************************************************************

Buku ini indah, menurut saya. Setiap metode pengobatan yang dilakukan didasarkan pada quran dan hadits, sepenuhnya. Dan penulis sendiri lah yang telah membuktikan manfaatnya bagi kesehatan dirinya sendiri dan keluarganya. Pak Jerry ini luar biasa loh. Beliau di usianya yang 52 tahun masih tampak segar, berseri-seri wajahnya seperti usia awal 40an.. beliau pun masih sanggup push up 200x dalam sehari. Bahkan masih sanggup berlari sejauh 4 km. Masya Allah.. anugerah kesehatan yang begitu mahal harganya saat ini. :)

Sedikit mengenai profil beliau yang saya ambil dari cover belakang buku ini. Jerry D. Gray lahir 24 September 1960 di Wiesbaden, Jerman. Ketika berusia 3 tahun, keluarganya migrasi ke Amerika Serikat. Jerry menyelesaikan seluruh pendidikan dasarnya di Iowa, sebelum bergabung dengan Angkatan Udara AS tahun 1978. Kini, selain menjadi penulis kritis tentang politik dan media Amerika, Jerry juga sibuk berceramah di berbagai kota di Indonesia. Beliau masuk Islam di Arab Saudi pada tahun 1984, dan pertama kali ke Indonesia tahun 1985 (kalo ga salah denger.hehe). Sekarang beliau menetap di Jakarta bersama istri dan anak-anaknya. Tergelitik juga ketika mendengar komentar beliau bahwa Amerika Serikat adalah negara paling tidak sehat di dunia. Menurut beliau, alasan utamanya adalah... "Karena dokter mereka bukan Rasulullaah.." That's just so truee, Mister... !! :))

Alhamdulillaah..

--Jogja, 21032012--

2 comments:

Anonymous said...

sangat bagus ! menyadarkan kita bahwa perlu mencurigai missi industri farmasi dan obat milik negara2 yang membangun kekuatan ekonomi dan militernya untuk menguasai dan mengendalikan negara lain.

nadiagani said...

ilmu kedokteran islam memang seharusnya menjadi passion bagi semua praktisi kesehatan muslim,khususny dokter yg -pling banyak- bersinggungan langsung dg terapi pasien :). minimal dengan mnyebut nama Allah setiap sebelum memulai prosedur, untuk selalu menyadarkan dan meyakinkan diri sendiri (dan, tentu saja, pasien) bahwa Allah satu2ny penyembuh segala sakit. :)